Pria Lebih Rentan Alami Asam Urat Ketimbang Wanita, Benarkah?

by | Apr 16, 2022 | Kesehatan

Montalinu – Mengalami asam urat memang sangat menyiksa, apalagi di tengah aktivitas yang padat. Sobat Montaliners yang pernah merasakan pasti sudah bisa membayangkan betapa menyakitkannya saat asam urat kambuh. Tahukah Anda, dalam istilah awam, asam urat bersumber dari kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia).

Dalam keadaan normal, asam urat terurai dalam darah dan mengalir melalui ginjal ke dalam urin. Namun, tubuh kita mungkin membuat terlalu banyak asam urat atau terkadang ginjal hanya mengeluarkan sedikit asam urat.

Memang umumnya asam urat diekskresikan oleh urin dan keringat pada manusia. Namun karena kadar pada penderita asam urat terlalu tinggi untuk dikeluarkan oleh tubuh. Asam urat yang menumpuk di sendi bawah kemudian membentuk pecahan kristal yang bergerak ke bagian tubuh yang biasanya di kaki.

Lalu apa yang membuat asam urat yang menumpuk tersebut terasa menyakitkan? Seperti dilansir dari Oklahoma Pain Doc, itu karena pecahan kristal ini menyerupai pecahan kaca mikroskopis, merobek jaringan dan menyebabkan rasa sakit yang menyiksa.

Baca Juga  3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

Pengaruh Hormon

Namun tahukah Sobat Montaliners bahwa mayoritas penderita asam urat adalah pria? Fakta tersebut dibuktikan secara ilmiah dengan faktor hormon yang ada pada tubuh pria dan wanita. Seperti diketahui wanita memiliki kadar estrogen yang tinggi, di mana estrogen ini dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah.

montalinu-nyeri-sendi

Montalinu dapat meredakan asam urat

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa dengan tingginya kadar estrogen yang dimiliki wanita ini membuat asam urat tidak sempat menumpuk di persendian. Sedangkan tubuh pria memiliki kadar estrogen yang rendah, sehingga saat kadar bisa tinggi tidak ada yang dapat ‘membantu’ untuk menurunkannya.

Kecuali jika wanita lanjut usia yang telah menopause, maka mereka juga rentan mengalami asam urat. Hal ini karena saat mengalami menopouse, yang biasanya terjadi ketika usia 40 tahun ke atas, ovarium tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Sehingga tidak ada lagi agen yang membantu mengurangi kadar asam jika sudah terlalu tinggi dan tidak bisa keluar semua melalui urin.

Baca Juga  Obat Herbal: Antara Khasiat dan Jenisnya

Ahli Farmasi CV. Bumi Wijaya Defit Andriyanto S.Farm, Apt., mengakui penyakit asam urat ini jarang sekali ditemui pada wanita karena pengaruh hormon tersebut. Maka dari itu sebagian besar konsumen produk herbal Montalinu ini adalah pria, terutama pria yang telah lanjut usia atau berusia di atas 40 tahun. Meskipun ada pula konsumen wanita yang sudah lanjut usia, namun jumlahnya lebih sedikit.

Sambiloto untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ia juga mengingatkan bahwa produk ini mengandung bahan herbal Sambiloto yang diyakini kurang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Penelitian empiris menyatakan bahwa sambiloto tidak dianjurkan untuk diberikan pada ibu hamil dan ibu menyusui. Salah satunya adalah pengujian in vivo pada tikus dan kelinci terhadap pemakaian herba sambiloto pada masa kehamilan.

Baca Juga  Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

Dalam pengujian tersebut menunjukkan kemungkinan bahwa herba ini mempunyai efek abortifasien sehingga tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Hal itu kemungkinan karena sambiloto memiliki efek berlawanan terhadap progesteron endogen
sehingga menyebabkan aborsi.

“Namun jangan khawatir, karena biasanya asam urat tidak menyerang wanita apalagi wanita pada usia produktif (belum menopouse). Sangat jarang sekali wanita di usia muda mengalami asam urat. Jadi memang produk ini tidak diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui,” ujarnya di Cilacap.

Bagikan Ke

    3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

    Di umur yang masih muda dan produktif, tapi badan rasanya sering pegal linu? Kok bisa ya, padahal pegal linu itu identik dengan umur senja dan orang-orang dengan aktifitas berat. Kamu nggak sendirian, dewasa ini banyak anak muda yang merasakan demikian. Tapi, jangan...

    Terkena Asam Urat di Usia Muda? Ini Penjelasannya

    “Aduh jari tangan gue sakit nih, mesti gara-gara asam urat naik!” Siapa yang pernah mengeluh atau mengalami hal yang sama seperti di atas? Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat. Ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan penyakit asam urat. Keluhan ini juga...

    Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara dan Penyebabnya!

    Apakah Sobat Montaliners termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Pasti sangatt meresahkan bukan? Ingin tidur lebih cepat, tapi apa daya. Badan tidak bisa berkompromi untuk tidur tepat waktu. Akibatnya, mata tetap terbuka dan pikiran jadi kemana-mana, malah jadi...

    Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

    Bukan jadi rahasia umum lagi jika masyarakat Indonesia punya banyak jenis flora dan fauna. Dengan kelimpahan tersebut, Indonesia menjadi negara yang melimpah akan tanaman unik, termasuk tanaman obat. Walaupun saat ini sudah tersedia obat-obatan modern, tak jarang...