Obati Nyeri Sendi dengan Montalinu

by | Mar 4, 2022 | Keluarga

Montalinu.id – Semakin bertambahnya usia, aktivitas yang semakin padat dapat membuat kekuatan tulang serta sendi seseorang bisa menurun. Akibatnya timbul beberapa gangguan yang mengganggu aktivitas, salah satunya nyeri sendi. Berbagai macam cara dicoba untuk obati nyeri sendi.

Nyeri sendi merupakan hal yang umum dialami oleh seseorang, apalagi jika sudah lanjut usia.  Nyeri bisa terjadi pada saat sendi sedang bergerak. Penderita akan mengalami rasa tidak nyaman, sakit hingga mengalami peradangan pada bagian sendi. Walaupun nyeri sendi bisa sering terjadi, namun jika tidak ditangani segera, akan menimbulkan penyakit yang serius.

Terdapat berbagai faktor penyebab dari nyeri sendi. diantaranya bertambah usianya, kebiasaan merokok, pernah mengalami cedera, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Upaya menangani nyeri sendi pun bisa beragam. Diantaranya mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin dan mengonsumsi obat anti nyeri

nyeri sendi akibat asam urat

Obati Nyeri Sendi dengan Montalinu

Obat Nyeri Sendi

Saat seseorang mengalami nyeri sendi, umumnya dianjurkan untuk mengonsumsi obat paracetamol atau obat golongan NSAID (non-steroidal antiinflamatory drug). Namun, perlu diperhatikan bahwa ada efek samping pada obat-obat tersebut. Kandungan obat nyeri yang terdiri dari bahan-bahan kimia dapat memunculkan efek yang negatif pada tubuh seseorang. Efek samping tersebut akan muncul jika penggunaan obat nyeri tidak tepat dan tidak sesuai dosis. 

Baca Juga  Efek Samping Obat Herbal, Benarkah Ada?

Salah satu alternatif obati nyeri sendi lainnya tanpa dengan obat-obat kimia yaitu dengan pengobatan herbal. Tanaman dengan nama latin Andrographis paniculata dapat menjadi pengganti obat anti nyeri. Tanaman obat ini dikenal sebagai antiradang dan penghilang nyeri atau analgetik. Umumnya, seseorang mengonsumsi air rebusan daun sambiloto dan langsung diminum. Namun, tanaman obat satu ini akan terasa pahit jika dikonsumsi langsung. 

Maka hadir berbagai macam produk yang mengandung tanaman herbal satu ini. Mulai dari produk jamu, teh herbal, dan suplemen. Montalinu hadir sebagai kapsul obat herbal dengan kandungan bahan-bahan alami. salah satunya adalah ekststrak daun sambiloto. 

Manfaat Montalinu membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendri. Maka, daun sambiloto yang menjadi salah satu bahan yang mempunyai kandungan senyawa terpenoid dan flavonoid. Dua Senyawa ini mempunyai fungsi sebagai anti radang untuk daerah sendi. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa sambiloto mengandung ektra metanol yang dapat menurunkan produksi nitric oxide (NO).

Baca Juga  Atasi Masalah Pegal Linu dengan Mengonsumsi Vitamin C dari Montalinu

Senyawa NO merupakan senyawa yang menyebabkan terjadnya proses peradangan. Maka peran ekstra metanol yang terkandung dalam sambiloto mempunyai peran penting sebagai anti radang. Sambiloto juga memiliki fungsi sebagai antipiretik, obat panas dalam, analgesik, antiinflamasi, antiracun, antibakteri, dapat mengkondensasi sitoplasma pada sel tumor, serta mengatasi infeksi.

Nyeri sendi juga bisa menjadi tanda-tanda dari asam urat. Hal ini terjadi ketika bakteri memasuki pembuluh darah yang dapat menimbulkan nyeri atau peradangan, serta pembengkakan pada area persendian. Keadaan ini ada kaitannya dengan peningkatan asam urat dalam tubuh (Hiperurisemia). Montalinu yang mempunyai ekstra flavonoid dalam daun sambiloto membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. 

Kandungan Herbal Montalinu Obati Nyeri Sendi

Menurut apoteker CV Bumi Wijaya selaku produsen Montalinu, Defit Andriyanto S.Faarm, Apt., menjelaskan satu kapsul Montalinu mengandung ekstrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan bahan-bahan herbal lainnya seperti kunyit, temulawak, dan serai. Ekstrak dari sambiloto menjadi salah satu bahan dari produk Montalinu yang bermanfaat untuk obati nyeri sendi dan menurunkan kadar gula serta tekanan darah agar tetap stabil.

Baca Juga  Akhirnya! Montalinu Suplemen Mengatasi Kelelahan Kerja dalam Waktu Singkat

“Montalinu mengandung bahan-bahan herbal, tanpa bahan kimia sekalipun. Dengan dosis yang sesuai, cara kerja montalinu dapat melebarkan pembuluh darah. Sehingga memperlancar aliran darah dan mengurangi nyeri sendi akibat asam urat.” tuturnya, Rabu (29/03)

Selain itu, manfaat Montalinu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk seseorang dengan aktivitas padat. Cara kerja montalinu merangsang kinerja sel-sel darah putih yang efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi. Saat ini, produk Montalinu telah terdaftar dengan POM-TR dengan nomer registrasi 203376401. 




Bagikan Ke

    3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

    Di umur yang masih muda dan produktif, tapi badan rasanya sering pegal linu? Kok bisa ya, padahal pegal linu itu identik dengan umur senja dan orang-orang dengan aktifitas berat. Kamu nggak sendirian, dewasa ini banyak anak muda yang merasakan demikian. Tapi, jangan...

    Terkena Asam Urat di Usia Muda? Ini Penjelasannya

    “Aduh jari tangan gue sakit nih, mesti gara-gara asam urat naik!” Siapa yang pernah mengeluh atau mengalami hal yang sama seperti di atas? Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat. Ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan penyakit asam urat. Keluhan ini juga...

    Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara dan Penyebabnya!

    Apakah Sobat Montaliners termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Pasti sangatt meresahkan bukan? Ingin tidur lebih cepat, tapi apa daya. Badan tidak bisa berkompromi untuk tidur tepat waktu. Akibatnya, mata tetap terbuka dan pikiran jadi kemana-mana, malah jadi...

    Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

    Bukan jadi rahasia umum lagi jika masyarakat Indonesia punya banyak jenis flora dan fauna. Dengan kelimpahan tersebut, Indonesia menjadi negara yang melimpah akan tanaman unik, termasuk tanaman obat. Walaupun saat ini sudah tersedia obat-obatan modern, tak jarang...