Penyebab dan Meredakan Badan Pegal Setelah Olahraga dengan Montalinu

by | Aug 26, 2022 | Kesehatan

Outline :

Rutin olahraga memanglah baik dan menyehatkan. Namun ada kalanya setelah melakukan olahraga, badan kita malah terasa pegal dan nyeri. Akibatnya kita berpikiran bahwa badan pegal setelah olahraga, akhirnya kita tidak mau olahraga kembali. Kita pasti buru-buru cari cara meredakan badan pegal akibat tersebut.  Apakah Sobat Montaliners termasuk demikian??

Selain pola makan yang harus diatur, istirahat dan olahraga yang cukup merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Tidak hanya jasmani, tapi juga rohani. Walaupun kaum muda terkadang lebih memilih rebahan, tapi ada yang sudah peka terhadap kesehatan sehingga melakukan olahraga.

Tapi terkadang,, badan terasa pegal setelah olahraga. Umumnya kita merasakan nyeri otot di bagian kaki maupun tangan. Dampak yang membuat tidak nyaman ialah efek pegal baru bisa hilang setelah beberapa hari kemudian. Efek pegal ini tak hanya dialami orang yang jarang olahraga, melainkan orang yang sering olahraga pun bisa mengalaminya. Memang apa sih penyebab badan pegal setelah olahraga?

Apakah wajar badan pegal setelah olahraga? Ternyata..

Wajar. Ya! nyeri otot ataupun badan pegal setelah olahraga merupakan keadaan yang normal. Kondisi ini biasa disebut DOMS atau Delaye Onset Muscle Soreness, yaitu keadaan badan yang pegal atau nyeri setelah olahraga. Orang akan mengalami ini sehabis melakukan olahraga yang cukup berat seperti lari, lompat, angkat beban, maupun latihan fisik yang lain.

Baca Juga  Waspada Bahan Kimia Obat dalam Obat Tradisional

Penyebab Badan Pegal Setelah Olahraga

DOMS bisa terasa pada esok hari atau beberapa hari kemudian. Badan akan amat terasa nyeri dibagian paha, perut, lengan, atau betis. Penyebab DOMS dikarenakan adanya robekan kecil pada jaringan otot saat melakukan gerakan olahraga yang berat. Maka, tubuh akan bereaksi untuk meningkatkan inflamasi pada area otot agar mengembalikan jaringan otot seperti semula.

pegal-setelah-olahraga

meredakan badan pegal setelah olahraga

Penyebab badan pegal lainnya ialah Acute Muscle Soreness. Kondisi ini hampir mirip dengan DOMS, namun lebih ringan dan singkat. Acute Muscle Soreness akan langsung terasa saat olahraga berlangsung, tapi akan cepat hilang jika mengambil jeda istirahat sejenak.

Nah! Sekarang Sobat Montaliners sudah tahu penyebabnya. Jadi tidak perlu khawatir lagi. Lalu apakah ada cara meredakan badan pegal setelah olahraga? Simak penjelasan berikut

5 Cara Meredakan Badan pegal setelah olahraga

1. Lakukan Pemanasan dan pendinginan

Pemanasan atau pendinginan merupakan poin penting saat melakukan olahraga. Saat pemanasan, otot kita dilatih untuk siap dengan gerakan olahraga yang dilakukan sehingga otot menjadi terbiasa dengan gerakan berat. Setelah selesai melakukan olahraga, jangan lupakan cooling down ataupun pendinginan. Tujuannya agar otot kita yang sudah bekerja, bisa kembali ke posisi semula seperti saat sebelum olahraga.

Baca Juga  Montalin Berbahaya, Beralih ke Montalinu Sekarang!

2. Pijat Pada Area Pegal

Jika ada bagian tubuh yang merasakan pegal setelah olahraga, cobalah untuk pijat lembut bagian tersebut. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah pada otot yang terasa nyeri. Tak hanya itu, kondisi badan pun saat dipijat akan lebih rileks. Namun, perhatikan pijatan yang benar. Sobat Montaliners bisa mencoba dengan cara pijat Thai massage maupun Swedish massage.

3. Kompres dengan air dingin atau es

Setelah olahraga, coba meredakan badan pegal dengan menggunakan air dingin atau es untuk mengompres. Kompres selama 10-15 menit pada area yang terasa pegal. Dengan mengompres, bisa terbukti dalam menyembuhkan otot yang terluka. Kompres secara berkala sampai nyeri hilang.

4. Konsumsi Makanan berprotein

Saat kita mulai ingin melakukan olahraga secara intens, kita juga perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Tubuh yang melakukan banyak aktivitas tinggi, seperti olahraga, membutuhkan energi cadangan untuk menunjang otot tubuh. Manfaat mengkonsumsi makan dengan sumber protein dapat membantu pemulihan otot secara cepat. Pilihlah makanan dengan sumber protein seperti daging yang sedikit lemak, susu dengan protein cukup, serta kacang-kacangan.

5. Meredakan Badan Pegal Setelah Olahraga dengan Montalinu

Baca Juga  Montalinu Pompa Semangat Bekerja saat Puasa

Jika badan kita masih terasa pegal hingga beberapa hari kemudian. Tentu saja kita butuh pemulihan cepat agar bisa beraktivitas normal kemudian hari. Namun, jika beberapa cara di atas kurang ampuh untuk meredakan badan pegal, kita harus cari cara lain yang efektif dan tepat. Cobalah mengkonsumsi obat pereda nyeri.

montalinu-untuk-remaja-jompo

Anti Jadi Remaja Jompo dengan Montalinu

Tetapi perlu diingat, jangan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang sembarangan. Perhatikan komposisi yang aman dan tentunya bisa meredakan badan pegal. Salah satu obat pereda nyeri yang aman adalah Montalinu. 

Kenapa dibilang aman? Karena Montalinu bukanlah obat kimia yang bisa menimbulkan efek samping paah terhadap tubuh kita. Mobntalinu terdiri dari bahan-bahan herbal 100% alami, yaitu ekstrak sambiloto, kunyit, sereh, dan temulawak. Dengan bahan-bahan ini, Montalinu bekerja secara efisien untuk meredakan dan memulihkan otot yang mengalami robek mikro. Tak hanya itu, efek sereh dapat membantu menenangkan tubuh kita. Jadi badan terasa lebih rileks dalam  setelah olahraga. 

Jadi Sobat Montaliners sudah tahu penyebab dan cara meredakan badan pegal setelah olahraga ya! Bagaimanapun kita harus tetap olahraga untuk menunjang badan agar sehat. Jangan lupa sediakan Montalinu dimanapun kita melakukan olahraga. Ketika pegal melanda, langsung konsumsi Montalinu agar meredakan badan pegal setelah olahraga.

 

 

Bagikan Ke

    3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

    Di umur yang masih muda dan produktif, tapi badan rasanya sering pegal linu? Kok bisa ya, padahal pegal linu itu identik dengan umur senja dan orang-orang dengan aktifitas berat. Kamu nggak sendirian, dewasa ini banyak anak muda yang merasakan demikian. Tapi, jangan...

    Terkena Asam Urat di Usia Muda? Ini Penjelasannya

    “Aduh jari tangan gue sakit nih, mesti gara-gara asam urat naik!” Siapa yang pernah mengeluh atau mengalami hal yang sama seperti di atas? Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat. Ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan penyakit asam urat. Keluhan ini juga...

    Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara dan Penyebabnya!

    Apakah Sobat Montaliners termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Pasti sangatt meresahkan bukan? Ingin tidur lebih cepat, tapi apa daya. Badan tidak bisa berkompromi untuk tidur tepat waktu. Akibatnya, mata tetap terbuka dan pikiran jadi kemana-mana, malah jadi...

    Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

    Bukan jadi rahasia umum lagi jika masyarakat Indonesia punya banyak jenis flora dan fauna. Dengan kelimpahan tersebut, Indonesia menjadi negara yang melimpah akan tanaman unik, termasuk tanaman obat. Walaupun saat ini sudah tersedia obat-obatan modern, tak jarang...