Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

by | Sep 2, 2022 | Kesehatan

Bukan jadi rahasia umum lagi jika masyarakat Indonesia punya banyak jenis flora dan fauna. Dengan kelimpahan tersebut, Indonesia menjadi negara yang melimpah akan tanaman unik, termasuk tanaman obat. Walaupun saat ini sudah tersedia obat-obatan modern, tak jarang banyak orang yang masih memanfaatkan tanaman obat sebagai penyembuh suatu penyakit. Salah satunya ialah manfaat sambiloto yang sayangnya, masih terdengar asing di telinga kita.

Masyarakat Indonesia memang sering memanfaatkan tumbuhan untuk kebutuhan sehari-hari, terutama bagian daun. Bagian daun bisa diolah sebagai bahan masakan maupun penyembuhan suatu penyakit. Contohnya, daun salam, daun sirsak, bahkan daun alpukat pun bisa jadi obat. Namun, masih sedikit orang yang memanfaatkan daun sambiloto.

Minimnya masyarakat yang mengetahui daun sambiloto bukanlah hal yang mencengangkan. Pasalnya, daun ini jarang ditemui dibandingkan dengan daun-daun lainnya yang sering dijual di pasar. Sebab, sambiloto sendiri merupakan tanaman khusus obat. Efeknya sangat bagus untuk tubuh dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Sehingga sering dijadikan kapsul sambiloto ataupun daun yang sudah dikeringkan.

Sebelum Sobat Montaliners mengetahui lebih lanjut manfaat sambiloto. Kita kenalan lebih lanjut seputar sambiloto.

Asal-Usul Daun Sambiloto

Sambiloto atau dengan nama latin Andrographis paniculata merupakan tanaman obat yang tumbuh subur di Indonesia. Asalnya tanaman ini dari india, namun saat ini di indonesia penyebaran tanaman paling banyak ditemukan di wilayah jawa. Sambiloto dapat tumbuh liar di ladang, tepi jalan atau lahan yang tak terawat.

Baca Juga  Waspada Bahan Kimia Obat dalam Obat Tradisional

Selain itu, sambiloto akan tumbuh dengan baik di dataran rendah. Maka, sambiloto mudah untuk dibudidayakan, Tidak perlu menyediakan halaman yang luas. Cukup menyediakan lahan kosong di pekarangan rumah, dan bisa ditumbuhkan dengan mengambil biji dari buah yang sudah tua, lalu langsung ditanam.

3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

Manfaat sambiloto untuk penyakit kanker

Hasil studi in vitro tentang daun sambiloto adalah kemampuan senyawa alkaloid dan flavonoid yang dapat menghambat sel kanker dalam tubuh. Tak heran jika manfaat sambiloto digunakan sebagai alternatif pengobatan kanker, maupun mengurangi efek samping dari kemoterapi. Tak hanya itu, luka yang diakibatkan oleh kanker juga bisa berangsur sembuh dengan daun sambiloto.

Manfaat sambiloto untuk diabetes

Walaupun secara rasa, sambiloto mempunyai rasa yang amat pahit. Tetapi Kandungan  sambiloto bisa memberikan efek dingin untuk paru-paru, lambung, maupun usus. Tak hanya itu, senyawa yang terdapat dalam sambiloto mengandung banyak keton dan mineral (kalium, kalsium, dan natrium) Senyawa keton dapat mencegah dan menghancurkan penggumpalan darah. Sedangkan senyawa kalium bermanfaat mengeluarkan air dalam tubuh yang mengakibatkan tekanan darah menurun.

Baca Juga  Atasi Masalah Pegal Linu dengan Mengonsumsi Vitamin C dari Montalinu

Menghilangkan Nyeri Sendi

Nyeri sendi tak hanya berkaitan dengan aktivitas yang padat, melainkan ada masalah yang diakibatkan dalam tubuh, contohnya saat nyeri di leher, kita pasti selalu mengaitkannya dengan asam urat. Dengan sambiloto, bagian peredaran darah yang tersumbat, akan kembali mengalir dengan lancar. Sambiloto juga mempunyai senyawa anti inflamasi. Penelitian menunjukan Pemberian ekstrak A. paniculata secara oral menunjukkan efek antiinflamasi yang sangat signifikan pada pathogen-induced (PID) atau radang panggul . 

manfaat-sambiloto-MontalinuWalaupun manfaat sambiloto teramat banyak bagi kesehatan tubuh kita, namun tetap saja penggunaannya tidak bisa sembarangan dan harus sesuai dosis (jika mempunyai penyakit kronis). Pemakaian sambiloto dengan dosis yang tidak sesuai, tentunya akan menimbulkan efek samping yang tidak bagus untuk tubuh kita.

Tapi saat ini sudah banyak bermunculan produk kapsul dengan ekstrak sambiloto. Salah satu kapsul sambiloto yang bisa kita coba adalah kapsul obat herbal Montalinu asli. mengapa demikian? Sobat Montaliners bisa cek di bawah ini.

Montalinu Kapsul dengan Ekstrak Sambiloto

Banyaknya produk herbal di masyarakat tentunya memberi rasa aman sebagai pengganti obat kimia. Tetapi, tak jarang ditemui label obat herbal, namun dengan bahan kimia. Seperti i montalin berbahaya, karena didalamnya ditemukan obat paracetamol. Padahal produk tersebut merupakan obat herbal.

Baca Juga  Pria Lebih Rentan Alami Asam Urat Ketimbang Wanita, Benarkah?

Sayangnya, produk tersebut hingga saat ini masih beredar di masyarakat. Kita tidak akan tahu efek samping dari obat kimia dengan label obat herbal tersebut. Bahkan, Montalin saai ini dilarang oleh BPOM. Maka, sebagai orang yang sering aktivitas kesana kemari, kita harus memilih obat herbal yang mengandung 100% bahan alami.

Tapi Sobat Montaliners tidak perlu khawatir lagi. Saat ini Montalinu hadir sebagai obat kapsul dengan ekstrak sambiloto asli. Bukan hanya sambiloto saja, Montalinu terdiri dari tiga ekstrak tanaman obat asli Indonesia, seperti kunyit, temulawak, dan sereh. Montalinu bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes saja, maupun orang dengan aktivitas yang padat. Karena empat bahan Montalinu akan bersinergi kuat dalam meredakan peradangan sendi ataupun otot dalam tubuh kita. 

Proses ekstrak sambiloto dalam pembuatan obat herbal Montalinu juga diawasi oleh BPOM. Jadi produk ini minim akan efek samping dan tentunya bisa membuat kita langsung bisa beraktivitas pasca nyeri melanda. Maka, kita bisa mendapatkan 3 manfaat sambiloto yang telah dijelaskan dalam Montalinu. Cek produknya di sini.

Bagikan Ke

    3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

    Di umur yang masih muda dan produktif, tapi badan rasanya sering pegal linu? Kok bisa ya, padahal pegal linu itu identik dengan umur senja dan orang-orang dengan aktifitas berat. Kamu nggak sendirian, dewasa ini banyak anak muda yang merasakan demikian. Tapi, jangan...

    Terkena Asam Urat di Usia Muda? Ini Penjelasannya

    “Aduh jari tangan gue sakit nih, mesti gara-gara asam urat naik!” Siapa yang pernah mengeluh atau mengalami hal yang sama seperti di atas? Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat. Ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan penyakit asam urat. Keluhan ini juga...

    Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara dan Penyebabnya!

    Apakah Sobat Montaliners termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Pasti sangatt meresahkan bukan? Ingin tidur lebih cepat, tapi apa daya. Badan tidak bisa berkompromi untuk tidur tepat waktu. Akibatnya, mata tetap terbuka dan pikiran jadi kemana-mana, malah jadi...