5 Cara tetap Produktif untuk Lansia ala Umi Lulung

by | Jul 6, 2022 | Kesehatan

Montalinu – Produktif saat usia lanjut sering kali bikin orang tua mengkhawatirkan kondisi kesehatannya. Maklum, fisik pun tidak sekuat saat umur 20-an dan banyak keluhan masalah yang berkaitan dengan fisik. Akibatnya semakin menuju usia lanjut, produktif untuk lansia akan kualitas hidup semakin menurun.

Namun, keterbatasan aktivitas saat usia lanjut tidak memengaruhi Lulung Mumtaza untuk tetap produktif walaupun sudah menginjak usia kepala 5. Ustadzah yang akrab dipanggil Umi Lulung ini berprofesi sebagai pendakwah. Sehingga ia masih tetap bugar melalang buana untuk menyiarkan ajaran agama islam di beberapa kota besar Indonesia.

5 Cara Produktif untuk Lansia

Buat Sobat Montaliners yang mungkin mulai memasuki usia lanjut, berikut beberapa tips dari Umi Lulung agar tetap sehat dan semangat produktif untuk lansia:

1. Selalu Bahagia

Bahagia merupakan salah satu hal yang bikin kita bisa awet muda. Terkadang, beranjak usia lanjut membuat momok menakutkan untuk diri sendiri. padahal tak ada salahnya kalau anda tetap selalu senang dan menikmati aktivitas di usia senja ini. Kurangi memikirkan hal negatif dan nikmati kebersamaan dengan keluarga anda. Dengan begitu, rasa bahagia selalu ada dan membuat kita tetap semangat menjalani aktvitas sehari-hari

Baca Juga  Efek Samping Obat Herbal, Benarkah Ada?

2. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Usia lansia membuat anda diwajibkan untuk tidur yang cukup, artinya tidak boleh kurang tidur atau malah kebanyakan tidur. Walaupun begitu, ada beberapa kondisi yang membuat anda bisa kesulitan tidur, contohnya jika anda sedang mengonsumsi obat-obat kimia dengan efek samping kesulitan tidur. Usahakan tidur menjadi prioritas anda supaya bisa produktif setelah tidur yang cukup.

3. Cari Kegiatan untuk Mengisi Waktu Luang

Ada masalah yang perlu dikhawatirkan saat usia senja, yaitu kurangnya daya ingat. Kadang anda bisa lupa kegiatan yang sudah dilakukan atau hal kecil saat menaruh suatu benda. Oleh sebab itu, cari kegiatan dan tetap bersosialisasi adalah upaya agar anda tetap ingat. Umi Lulung menyarankan untuk mengisi waktu dengan mengikuti kegiatan keagamaan. Sehingga manfaat dari kegiatan tersebut bisa membantu produktif untuk lansia.

Baca Juga  Atasi Masalah Pegal Linu dengan Mengonsumsi Vitamin C dari Montalinu

4. Atur Pola Makan yang Baik

Pola makan saat anda berada di usia lanjut tentu saja berbeda dengan saat berada di usia sekitar 20 tahun. Harus ada batasan-batasan saat mengonsumsi makanan pokok, bahkan cemilan. Sebab, jika anda mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak dan kurang akan vitamin menyebabkan risiko penyakit semakin meningkat. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola makan yang baik dengan jadwal makan teratur misal makan pokok 3 kali sehari.

5. Mengurangi Resiko Nyeri Sendi atau Jatuh

Saat memasuki fase lansia, memang tulang anda sudah tidak sekuat sebelumnya. Maka, risiko untuk terjatuh pun sangat tinggi dan nyeri sendi bisa mendera badan anda lebih sering. Berhati-hatilah jika produktif untuk lansia malah membuat anda terjatuh atau terserang nyeri.

Baca Juga  Montalinu Pompa Semangat Bekerja saat Puasa

Umi Lulung menyarankan saat kita bangun dari duduk hendaknya jangan tergesa-gesa berdiri. Melainkan, harus pelan-pelan agar kaki tidak mengalami nyeri atau kram. Selain itu, juga bisa memijat bagian belakang leher dan kaki agar tidak terasa kaku saat melakukan kegiatan.

produktif-untuk-lansia

Terakhir, Umi Lulung menyarankan untuk mengonsumsi herbal saat nyeri sendi, seperti Montalinu. Tak disangka, Umi Lulung selalu membawa Montalinu dimana pun dan kapan pun di tasnya. Ia mempercayakan Montalinu sebagai salah satu obat herbal saat nyeri menyerang di sela-sela kegiatan dakwahnya. Ia mengaku, Montalinu bekerja cepat sehingga ia tetap bisa melanjutkan aktivitasnya.

 

Bagikan Ke

    3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

    Di umur yang masih muda dan produktif, tapi badan rasanya sering pegal linu? Kok bisa ya, padahal pegal linu itu identik dengan umur senja dan orang-orang dengan aktifitas berat. Kamu nggak sendirian, dewasa ini banyak anak muda yang merasakan demikian. Tapi, jangan...

    Terkena Asam Urat di Usia Muda? Ini Penjelasannya

    “Aduh jari tangan gue sakit nih, mesti gara-gara asam urat naik!” Siapa yang pernah mengeluh atau mengalami hal yang sama seperti di atas? Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat. Ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan penyakit asam urat. Keluhan ini juga...

    Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara dan Penyebabnya!

    Apakah Sobat Montaliners termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Pasti sangatt meresahkan bukan? Ingin tidur lebih cepat, tapi apa daya. Badan tidak bisa berkompromi untuk tidur tepat waktu. Akibatnya, mata tetap terbuka dan pikiran jadi kemana-mana, malah jadi...

    Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

    Bukan jadi rahasia umum lagi jika masyarakat Indonesia punya banyak jenis flora dan fauna. Dengan kelimpahan tersebut, Indonesia menjadi negara yang melimpah akan tanaman unik, termasuk tanaman obat. Walaupun saat ini sudah tersedia obat-obatan modern, tak jarang...