Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara dan Penyebabnya!

by | Sep 20, 2022 | Uncategorized

Apakah Sobat Montaliners termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Pasti sangatt meresahkan bukan? Ingin tidur lebih cepat, tapi apa daya. Badan tidak bisa berkompromi untuk tidur tepat waktu. Akibatnya, mata tetap terbuka dan pikiran jadi kemana-mana, malah jadi overthinking.

Susah tidur merupakan kondisi saat tubuh kesulitan tidur lelap, bahkan beberapa kali terbangun dan merasa gelisah hingga tidak bisa tidur kembali. Kondisi ini akan sangat mengganggu, jika kamu harus berkegiatan esok harinya. Bisa dibayangkan kantung mata, sulit fokus, dan mengantuk akan mengganggu aktivitas kamu.

Tak jarang susah tidur juga dikaitkan dengan insomnia. Insomnia sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu insomnia akut dan dan kronis. Insomnia akut bisa terjadi pada seseorang dalam jangka pendek atau tidak sering, misalnya satu bulan sekali. Sedangkan insomnia kronis bisa terjadi lama dan berturut-turut, seperti 3 kali tiap minggunya atau berbulan-bulan. Insomnia bisa terjadi selama bertahun-tahun jika kamu tidak mengetahui penyebabnya.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Sobat Montaliners mengetahui penyebab susah tidur di malam hari ataupun insomnia. Simak 3 penyebab susah tidur di malam hari

3 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Umumnya insomnia atau susah tidur bisa disebabkan oleh pola hidup kita yang kurang teratur. Tetapi ada faktor lain yang bisa menyebabkan kamu kesulitan tidur, diantaranya:

  1. Stres

Tidak dipungkiri, stres menjadi makanan sehari hari kita untuk pekerja, kaum rebahan atau remaja jompo. Ada kalanya kita tidak bisa mengatur pikiran negatif kita yang berujung overthinking. Nah! Kebiasaan overthinking yang gak dikontrol dengan baik tentu saja bisa menimbulkan stres.

Baca Juga  3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

Pekerjaan sehari-hari juga bisa menimbulkan stres. Banyaknya hal yang kita pikirkan sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Dampaknya detak jantung meningkat dan membuat tidur tidak rileks.

  1. Kafein dan Makan terlalu banyak

Bagi pecinta kopi, tentu mengetahui kafein dapat menyumbang efek pada kualitas tidur kita pada malam hari. Kebiasaan minum kopi saat 6 jam sebelum tidur akan menghambat kerja adenosin yang memicu rasa kantuk dalam otak. Namun kafein bukan hanya berasal dari kopi saja, teh juga mengandung kafeinnya lho!

Selain itu, makan terlalu banyak sebelum tidur membuat gelisah badan kita. Sebab, hormon insulin akan mengolah makanan kita menjadi energi. Sehingga jika kita makan terlalu larut, badan akan terasa gelisah dan mengakibatkan susah tidur di malam hari.

  1. Pegal Linu atau Radang Sendi

Malam hari menjadi waktu yang pas untuk kita mengistirahatkan tubuh. Tapi tidak bagi orang yang sedang mengalami radang sendi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, ada yang pegal linu setelah olahraga, aktivitas terlalu berat, dan tentunya setelah mengkonsumsi makanan yang menimbulkan radang sendi

Baca Juga  3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

Sudah bisa dibayangkan bukan, bagaimana rasa gelisah kita saat mencoba tidur tapi badan terasa pegal. Bahasa lebay nya, ingin mencopot area tubuh yang terasa nyeri agar kita bisa tidur terlelap.

Kalau Sobat Montaliners sudah mengetahui penyebab susah tidur di malam hari. Tentu saja langkah selanjutnya kita harus cari tahu cara mengatasi susah tidur dan Gelisah Tenang aja, gak perlu obat tidur atau obat kimia. Kita bisa mengatasi susah tidur dengan mudah dan alami.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

  1. Tetapkan jadwal tidur yang teratur

Mengatasi susah tidur harus diubah dari kebiasaan tidur kita terlebih dahulu. Dalam tubuh kita ini memiliki alarm otomatis yang bisa mengatur jam tidur kita. Maka, Sobat Montaliners bisa mencoba tidur dan bangun pada jam yang sama. Lakukan ini selama satu minggu berturut-turut hingga kamu terhindar dari insomnia.

  1. Buatlah tempat tidur dan kamar yang nyaman

Tempat tidur merupakan salah satu kunci tidur bisa maksimal. Sebelum tidur, buatlah badan kita nyaman dengan keadaan sekitar, seperti matikan lampu dan suhu ruangan tidak terlalu dingin atau panas. Jika kamu tidak tahan dengan kesunyian, coba nyalakan kipas angin atau menggunakan penyumbat telinga agar tidur kamu semakin nyaman.

  1. Meredakan Radang Sendi

Setelah kita mengetahui radang sendi jadi penyebab susah tidur di malam hari. Tentunya kita harus mengantisipasi radang sendi yang  bisa terjadi pada bagian tubuh pinggul, lutut, dan tulang belakang. 

Baca Juga  3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

Jika kamu takut dengan obat kimia, kamu juga bisa coba alternatif lain yaitu dengan bahan herbal. Kamu bisa mencoba kunyit sebagai pereda radang sendi. Kunyit mempunyai fungsi sebagai anti antikoagulan alami yang dapat mencegah penggumpalan darah. Uji klinis menyebutkan bahwa kandungan senyawa kurkumin pada kunyit dapat mengikat radikal bebas oksigen yang menyebabkan peradangan.

susah-tidur-di-malam-hari

Kunyit mampu mengatasi susah tidur di malam hari

Jika kamu tidak mau repot meracik sendiri kunyit menjadi sebuah minuman, tenang aja masih ada cara lain. Salah satunya dengan langsung konsumsi herbal Montalinu. Kamu gak perlu takut! Sebab, Montalinu merupakan 100% bahan alam yang tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun. 

Montalinu aman dikonsumsi mulai dari remaja hingga lansia. Tapi jika kamu mengalami susah tidur di malam hari sebab suatu penyakit, kamu harus tetap konsultasi dengan dokter ya!

Bagikan Ke

    3 Alasan Pegal Linu Menyerang Usia Muda

    Di umur yang masih muda dan produktif, tapi badan rasanya sering pegal linu? Kok bisa ya, padahal pegal linu itu identik dengan umur senja dan orang-orang dengan aktifitas berat. Kamu nggak sendirian, dewasa ini banyak anak muda yang merasakan demikian. Tapi, jangan...

    Terkena Asam Urat di Usia Muda? Ini Penjelasannya

    “Aduh jari tangan gue sakit nih, mesti gara-gara asam urat naik!” Siapa yang pernah mengeluh atau mengalami hal yang sama seperti di atas? Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat. Ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan penyakit asam urat. Keluhan ini juga...

    Kupas Tuntas 3 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

    Bukan jadi rahasia umum lagi jika masyarakat Indonesia punya banyak jenis flora dan fauna. Dengan kelimpahan tersebut, Indonesia menjadi negara yang melimpah akan tanaman unik, termasuk tanaman obat. Walaupun saat ini sudah tersedia obat-obatan modern, tak jarang...